Senin, 29 Oktober 2012

Kerupuk Udang Tanjung Leidong Diharapkan Jadi Ikon Pembinaan IKM Labura

Aekkanopan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), H Ismael Hasibuan MM mengatakan, kerupuk udang Tanjung Leidong diharapkan menjadi ikon (model) pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Labura.Dijelaskannya, dari beberapa IKM yang ada di Labura seperti halnya industri tahu dan tempe, terasi, keripik pisang, panda besi, pabrik roti, sulaman dan border dan lain sebagainya, untuk saat ini Disperindag masih memfokuskan pembinaan terhadap kerupuk udang Tanjung Leidon yang merupakan hasil home industri dari Kelurahan Tanjung Leidong, Kecamatan Kualuh Hulu.

Sejauh ini, lanjutnya, Disperindag bekerja sama dengan PT Edyson Unedo yang merupakan mitra melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha kerupuk udang Tanjung Leidong. “Dari sekian banyak IKM yang ada di Labura, untuk saat ini kita masih fokus terhadap pembinaan kerupuk udang Tanjung Leidong. Dan setelah ini berhasil, maka kerupuk udang Tanjung Leidong sudah bisa menjadi model pembinaan bagi IKM lain yang ada di Labura.
Kerupuk hasil home industri ini, tambahnya, sudah 30 tahun ditekuni pengrajin. Namun selama ini, produksi dan pemasarannya masih terbatas atau masih sebatas  pesanan konsumen. Demikian halnya kemasannya selama ini masih sangat sederhana, masih sebatas dibungkus menggunakan  plastik polos tanpa merek serta izin usaha dan izin kesehatannya belum ada, sehingga harganyapun lumayan murah.

Tetapi sekarang, lanjutnya, dengan sentuhan pihak ketiga yang bermitra dengan Disperindag Labura untuk membina para pelaku usaha kerupuk udang Tanjung Leidong, telah berupaya menciptakan kemasan yang lebih baik dan menarik serta melengkapi perizinan, salah satunya izin kesehatan untuk meyakinkan konsumen. Produk kerupuk ini telah menembus pasar yang lebih luas yang salah satunya Kota Medan.

Kepala Kantor Cabang, PT Edyson Unedo di Labura, Wily Simanjuntak mengatakan, kehadirannya sebagai mitra membina usaha kerupuk udang tidak terlepas dari keseriusan pihak Pemkab Labura melalui Disperindag untuk mengembangkan IKM di Labura.

“Yang paling utama adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan IKM yang ada di Labura. Sehingga dengan demikian, pendapatan masyarakat Labura khususnya di bidang IKM akan meningkat,” kata Wily.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar